9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga Yang Harus Diketahui Setiap Calon Ibu Rumah Tangga

Dari perhitungan kebutuhan dana darurat per bulan di atas, kamu bisa mengetahui kebutuhan complete uang pertanggungan asuransi jiwa yang semestinya kamu miliki. Lewat perhitungan di kalkulator UP Lifepal, dengan pengeluaran Rp3,45 juta per bulan maka kebutuhan UP untuk 20 tahun adalah Rp1,23 miliar. Ketidakmampuan yang dimaksud adalah cacat tetap total dan meninggal dunia.

Mengingat kini semua harus lebih menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Membeli premi asuransi kesehatan memang akan membuat biaya pengeluaran Anda bertambah. Hanya saja, nilai ini jauh lebih kecil dibandingkan risiko pengeluaran untuk membiayai layanan pengobatan yang Anda butuhkan ketika sakit. Namun, jangan pernah berpikir hal tersebut tidak signifikan bagi keuangan Anda.

Tips mengatur keuangan

Misalnya saja dari pelaporan keuangan yang baik hingga proyeksi keuntungan yang tepat. Jika Anda ingin membuat keuangan perusahaan lebih baik, maka dari itu lakukan deretan ideas berikut ini. Maka dari itu, Anda bisa merekrut tim yang memang secara profesional bisa mengatur keuangan Anda, atau menggunakan aplikasi keuangan.

Diperlukan penentuan prioritas untuk segala bentuk pengeluaran supaya alokasi dana tidak terhamburkan untuk hal yang tidak mungkin. Jangan lupa sisihkan dana untuk hari raya Idul Fitri, karena pada saat menjelang Idul Fitri harga sembako biasanya akan meningkat. Jika ingin pergi mudik siapkan juga dana untuk mudik, dan membeli pakaian lebaran bila diperlukan. Penuhi dulu semua kebutuhan selama bulan ini, setelah itu barulah pakai uang untuk berbelanja.

Kita tidak bisa menilai kesehatan perusahaan hanya dari segi keuntungan saja, tetapi melihat dari banyak aspek. Pekerjaan yang Anda sukai dan menghasilkan gaji yang layak dapat membantu meningkatkan keadaan finansial pribadi Anda. Dibandingkan pekerjaan yang menghasilkan gaji rendah akan mempengaruhi performa kerja dan menimbulkan kebencian. Mengingat seiring bertambahnya waktu dan usia keperluan akan terus meningkat. Pasangan yang baik yakni memiliki kekompakan dalam mengatur keuangan.

Nah untuk rencana tersebut sebaiknya dilakukan secara beberapa periode pendek yaitu bulanan, mingguan, atau triwulan. Mengingat dia adalah seorang kepala keluarga, maka alangkah baiknya untuk menambah ketersediaan dana darurat hingga mencapai 6 kali pengeluaran pokok bulanan, dan membeli asuransi jiwa. Setelah kebutuhan akan dana darurat dan asuransi terpenuhi, maka dia pun bisa memulai investasi. Catat setiap pemasukan yang kamu kamu terima setiap bulannya, baik dari gaji tetap maupun dari penghasilan tambahan.