14 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Di Usia Muda

Tantangan dalam bisnis sangat beragam dan akan berubah secara konsisten. Hal ini menuntut seorang pengusaha untuk memutar otak mencari solusi dan mengantisipasi agar bisnisnya tidak mengalami kegagalan. Seorang pengusaha yang sukses pasti telah waspada dan fokus mengantisipasi tantangan ini dengan segala usaha, tindakan, dan upaya agar bisnisnya tetap berjalan dengan sukses.

Namun pada usia forty eight tahun, Tirto Utomo memilih pensiun dini untuk menangani beberapa perusahaan pribadinya yakni PT AQUA, PT. Baja Putih, dan restoran Oasis. Namun, akibat peristiwa itulah Tirto Utomo memiliki kemauan bulat untuk menyelesaikan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ide membangun perusahaan rintisan ini tercetus pertama kali ketika Ferry masih berada duduk di bangku kuliah. Pertumbuhan Bukalapak yang sangat pesat menarik minat banyak investor untuk menanamkan modal di Bukalapak. Beberapa di antaranya adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk . Ia bermimpi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat web.

Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, bisnis kita lebih mudah diingat oleh para konsumen. Setiap pebisnis memiliki caranya sendiri untuk memajukan usahanya. Setiap pebisnis diwajibkan untuk menguasai penuh bidang bisnis yang mereka jalankan jika ingin sukses cepat. Lalu bagaimana cara yang baik untuk memajukan usaha Kamu dengan cepat? Sebenarnya tidak sedikit dari pebisnis yang menggunakan cara licik dan tidak lazim. Tetapi percayalah, menjadi pembisnis yang baik memiliki tantangan tersendiri.

Bagaimana mungkin produk atau layanan kita dapat dikenali oleh masyarakat luas, sedangkan masyarakat tersebut tidak mampu mengenali perbedaan produk atau layanan kita dengan produk atau layanan sejenis. Tak dapat dipungkiri, bahwa diferensiasi atau keunikan produk adalah kunci dalam memenangkan persaingan usaha. Apabila sudah banyak usaha sejenis, maka suatu hal yang dapat menjadi kunci sukses adalah apabila usaha kita berbeda jika dibandingkan dengan usaha-usaha lainnya. Itu tidak akan menarik terlalu banyak perhatian jika anaknya memiliki keterampilan dan kemampuan atletik seorang pesepakbola profesional, tetapi itu tidak terjadi. Tidak ada kata terlambat untuk memenuhi impian Anda, dan kehilangan uang sangat membantu, karena He Shihua, seorang pengusaha berusia 35 tahun dengan hasrat untuk sepak bola, dapat memberi tahu Anda.

Beliau nekat mencari celah agar bisa mengajukan permohonan diri kepada gubernur Jakarta untuk mendapatkan proyek. Permohonan tersebut membuahkan hasil dimana penawaran Ciputra di terima oleh Soemarno, Gubernur Jakarta. Apalagi jika Anda membuka laundry kiloan di daerah yang dekat dengan kampus maupun perkantoran, nanti akan banyak peminat. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun tidak terlalu besar.

Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah. Dalam dunia bisnis selalu ada persaingan dan peluang lainnya yang akan ditemui pengusaha.

Hal ini dapat dimulai dengan memahami kebutuhan pelanggan, menyediakan produk untuk mengatasi masalah dan menciptakan kondisi ketergantungan pelanggan untuk membeli kembali. Sebagai pebisnis, mengeluarkan modal bisnis merupakan hal yang biasa dilakukan, terutama jika bisnis tersebut memang dijalankan secara pribadi tanpa melibatkan mitra lainnya. Meski telah memiliki sejumlah modal yang siap untuk dialokasikan dalam membangun bisnis, mereka juga kerap harus mengeluarkan tambahan modal dari kantong pribadinya. Bisnis membutuhkan proses yang panjang dan tak mudah, sehingga dibutuhkan perhatian penuh untuk membangunnya.

Menjadi pebisnis yang baik

Para pengusaha perlu memperhatikan etika bisnis untuk bisa meraih kesuksesan yang baik. Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pengusaha sukses. Tapi hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.