Tips Membagi Waktu Bekerja Sambil Kuliah

Mereka yang kuliah sambil bekerja harus benar-benar memiliki kekuatan apabila melakukan kedua hal tersebut sekaligus. Pertama, keadaan ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan utuk mengalokasikan dananya guna membiayai kuliah anak-anaknya. Seperti kita tahu setelah krisis ekonomi banyak orang kehilangan pekerjaan atau menurunnya daya beli masyarakat.

Selain itu, Rori juga menjalin komunikasi yang baik dengan pihak universitas. Menurutnya, UT sangat membantu dan memberikan motivasi atas kendala yang dihadapinya. “Tentunya saya akan sulit berhasil tanpa bantuan mereka,” ujar Rori.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa banyak sekali yang menyempatkan waktunya bekerja sambil kuliah atau sebaliknya. Dimulai dari kekurangan dana untuk biaya kuliah, kekurangan dana untuk biaya hidup, mencari penghasilan sendiri, sampai hanya untuk menambah pengalaman dalam dunia kerja. Yang nantinya bisa dijadikan bekal dalam menghadapi dunia kerja. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa yang bekerja, mereka lebih pintar mengatur dan menggunakan uang karena sudah memiliki penghasilan sendiri. Sebagian mahasiswa yang bekerja menjadi boros karena merasa sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Banyak orang memiliki tempat ternyaman untuk fokus mengerjakan tugas akhirnya. Misalnya seperti caffe, perpustakaan, atau bahkan kostan teman. Dengan menemukan zona ternyamanmu, kamu akan tetap fokus mengerjakan skripsi dan nggak memakan waktu lama.

Dan memang terkadang ada waktu dimana kita penat dan lelah secara psikis dan fisik. Oleh karena itu, meminta bantuan orang lain tidak selalu berkonotasi buruk. Hal ini adalah bukti usaha mu yang terakhir, sehingga kamu tetap tidak meninggalkan kewajiban kamu dan tidak lari dari tanggung jawab. Terkadang yang sering menjadi kendalam bagi anak muda sekarang adalah time administration ya.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Misalnya, nih, kamu bekerja dan berkuliah dari hari Senin hingga Jumat. Di Sabtu dan Minggu, kamu selalu diajak nongkrong, nih, sama teman-temanmu dan kamu mengiyakan semua tawaran nongkrongnya. Daripada kamu menghabiskan waktu menekuni satu tugas yang kamu sendiri kurang kingkong slot paham, cobalah untuk tidak sungkan bertanya atau mendatangi teman dan meminta bantuannya. Sebab yang terpenting itu bukan hanya tugas kuliahmu selesai, tapi kamu pun paham ilmunya. Menjaga konsistensi agar aktifitas harianmu sesuai planning, bukan tanpa kendala.

Sebagai antisipasi, bawalah obat-obatan pribadi yang mungkin diperlukan kalau sewaktu-waktu sakit. Bila uang saku tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup. Anda dapat mencari pendapatan tambahan dengan bekerja paruh waktu. Setelah dana darurat terkumpul, Anda dapat menyisihkan sekitar 10%-20% uang saku untuk tabungan. Anda dapat menggunakan tabungan tersebut untuk kebutuhan entertaiment.