Tempuh 8 Langkah Ini Untuk Sukses Bisnis Saat Pandemi » Solopos Com

Walaupun kita di masa perkuliahan new regular, biasakan untuk selalu disiplin di manapun kamu berada dan mulai disiplin untuk menata ulang kehidupanmu seperti sedia kala. Lakukan kebiasaanmu seperti sebelum pandemi mewabah, kurangilah untuk tidur larut malam, biasakan untuk sarapan pagi, berolahraga, dan selalu menjaga kesehatan. Nggak cuma itu aja, pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi dosen dan civitas akademika untuk meningkatkan kemampuan dalam menciptakan materi atau konten pembelajaran dari secara berkelanjutan juga perlu dilakukan.

Jakarta, CNBC Indonesia – Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa pemilik bisnis terpaksa harus menelan pil pahit di tengah wabah virus corona yang masih terus berlanjut hingga saat ini. Itulah 9 ide bisnis unik mahasiswa yang bisa dilakukan sambil belajar di rumah. Munculnya “demam berkebun di rumah” saat pandemi dapat menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa. Kamu bisa menunjukkan berbagai tutorial atau membagikan berbagai informasi mengenai wabah virus corona.

Selain itu, bagi sebagian orang, mencuci motor bisa terasa berat sehingga mereka lebih memilih untuk pergi ke tempat cuci kendaraan. Usaha ini sangat cocok bagi yang tinggal di wilayah perkotaan atau dekat dengan kampus. Mahasiswa atau karyawan kantoran yang super sibuk biasanya malas dan sudah tak [unya waktu untuk mencuci maka mereka biasanya akan pergi ke laundry untuk menitipkan cucian. Hal ini dimanfaatkan oleh pebisnis rumahan minuman seperti minuman kopi, bubble tea dan jus untuk membuat produk minuman literan yang bisa dinikmati di rumah bersama keluarga.

Meskipun situasi sedang sulit sebenarnya tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan. Berikut Maucash sudah merangkum jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dari rumah untuk mendapatkan penghasilan. Pekerjaan ini juga bisa kamu lakukan sebagai sampingan selama kamu bekerja dari rumah. Kelima, pemerintah harus memberikan pinjaman kredit dengan bunga rendah bagi pelaku usaha serta pemerintah harus memberikan keringanan pajak untuk jalur ekspor-impor. Ditambah lagi dengan kesadaran pemerintah untuk memberikan potongan kredit listrik, air, dan kendaraan yang digunakan sebagai penggerak roda ekonomi yang sudah lama dicicil, jangan sampai kendaraan mereka akan hilang ditarik penagih biaya kreditan. Anda bisa menguangkan web site seperti Google Adsense atau bisa juga dengan menjual produk Anda sendiri, dan masih banyak cara lain yang bisa digunakan agar website bisa menghasilkan uang.

Bisnis mahasiswa saat corona

Dosen dan mahasiswa juga diharuskan untuk ‘melek’ teknologi agar pembelajaran daring ini nggak menimbulkan banyak keluhan baik dari para dosen atau mahasiswa itu sendiri. Program mempercantik kampung berawal dari tugas mata kuliah Public Relations II, untuk melaksanakan kegiatan kemasyarakata. Ketua Pelaksana program Nabila Fisdausyiah seperti dilansir Malang Voice,menuturkan, para mahasiswa kemudian melontarkan gagasan menghidupkan suasana sebuah kampung. Matterport memang melihat adanya lonjakan permintaan untuk tampilan digital 3D begitu lockdown diberlakukan di Eropa dan Amerika Utara karena wabah corona. “Ada desakan besar untuk merekam gambar properti sehingga orang dapat memiliki kelangsungan bisnis,” kata James Morris-Manuel. Salah satu perusahaan yang sejak awal berkutat dalam bidang teknologi virtual adalah Matterport dari Amerika Serikat.

Bisnis ini dinilai mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah. Mereka mengamati tren kebutuhan style selama pandemi dan fokus menjual produk untuk penggunaan sehari-hari. Produk pakaian rumahan banyak diminati karena konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Semakin banyak orang akan memilih pengiriman nirsentuh melalui aplikasi seluler yang dapat memindai dan memberikan izin untuk barang yang dikumpulkan pada saat pengiriman. Oleh karena itu, pekerjaan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan potensi ini dan mendorong bisnis Anda ke keadaan regular yang baru. Karena itu, sebuah ide akan membuat lebih banyak perbedaan dari sebelumnya di dunia pasca Covid karena orang-orang mengencangkan dompet mereka dan hanya membelanjakan untuk kebutuhan.

Bisnis ini selain mudah untuk dikerjakan juga nyaris tanpa mengeluarkan modal, yang diperlukan hanya laptop computer atau komputer untuk media menulisnya. Bisnis on-line adalah salah satu profesi yang banyak menjadi pilihan saat ini. Hal ini disebabkan karena pengurangan kontak langsung bisa terjadi dari aktivitas tersebut. Kemudahan yang ditawarkan dari bisnis on-line juga menjadi salah satu alasan masyarakat mulai menekuni profesi ini. Mulai dari berjualan makanan, pakaian, sampai perlengkapan rumah tangga dilakukan secara online.

Berinvestasi emas saat ini sudah dimudahkan, karena tidak harus membeli secara langsung, tetapi bisa dilakukan dengan menyicil di bank-bank syariah. Pilihan lainnya adalah dengan berinvestasi pada sukuk ritel atau deposito dengan menggunakan akad mudhorobah. Sementara itu, seorang yang tergolong risk taker tentu akan memilih instrumen investasi yang berisiko, namun memberikan return yang tinggi. Di pasar saham, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, telekomunikasi, dan meals and beverage menjadi primadona saat ini.