Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner perlu hindari makanan ini
Jantung koroner perlu hindari makanan ini

Sebenarnya Jantung Koroner bukanlah suatu penyakit, tapi suatu keadaan dimana pembuluh jantung kita terdapat penimbunan lemak sehingga laju aliran darah menuju ke jantung menjadi tersumbat bahkan terhenti yang menyebabkan serangan jantung mendadak. Peristiwa tersebut terjadi karena adanya kelebihan kadar kolesterol di dalam darah kita sehingga terjadi pengentalan darah yang menyebabkan timbulnya gumpalan-gumpalan lemak di dalam pembuluh jantung. Sumber dari kolesterol di dalam tubuh kita tentu berasal dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, jadi pola makan yang tidak sehat dan teratur tentu dapat menyebabkan terjadinya Jantung Koroner, dan tidak hanya menyerang orang dewasas saja, anak muda remaja juga bisa terserang keadaaan ini, serta obesitas juga beresiko tinggi terkena Jantung Koroner.

Tentunya untuk mencegah Jantung Koroner kita perlu membatasi diri dari mengkonsumsi makanan-makanan tertentu , dan bagi yang obesitas sangat disarankan untuk diet hingga mencapai berat badan yang ideal. Berikut beberapa pantangan yang perlu diperhatikan:

1. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood (cumi, udang, kepiting, lobster, rajungan, dll) otak sapi, daging kambing, daging berlemak, jeroan, bebek, belut, kuning telur, susu sapi, kulit ayam, makanan kemasan olahan daging ayam. Kolesterol adalah musuh utama jantung yang dapat berakibat fatal, jika kolesterol menyumbat di pembuluh darah jantung akan menyebabkan serangan jantung dan di pembuluh darah otak akan menyebabkan stroke. Untuk informasi satu otak sapi kandungan kolesterolnya sama dengan satu tubuh sapi.

2. Makanan yang mengandung trigliserin. Trigliserida merupakan lemak jahat yang berasal minyak nabati yang biasa terkandung dalam minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, santan, kelapa dan margarin.

3. Makanan yang mengandung kadar garam tinggi juga harus dikurangi karena tingginya kadar garam dalam darah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah(hipertensi) sehingga bagi orang yang mengidap jantung koroner akan mengalami komplikasi karena penyumbatan pembuluh darah ditambah tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

4. Makanan yang mengandung gula alkoholik dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah seperti durian, nangka, lengkeng, anggur, duku, nanas, dan tape.

5. Minuman bersoda dan beralkohol juga dapat meningkatkan kadar CO2 dalam tubuh dan menaikkan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi dan terdapat penyumbatan di jantung atau di otak.

Selain dengan perlunya menghindari makanan dan minuman di atas anda juga dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner dengan obat herbal jantung koroner yang ampuh dan aman. Demikian pembahasan mengenai pantangan bagi kita yang mengidap jantung koroner. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dan dapat menolong orang di sekitar kita.

sumber : www.heart.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *