Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan

khasiat-lengkuas-untuk-kesehatanApa saja khasiat lengkuas yang anda ketahui? Bumbu masakan khas Indonesia yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Lengkuas tidak hanya menjadi bumbu pelengkap bumbu pelengkap olahan daging, sayuran, dan ikan tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Tanaman rempah yang satu ini masuk ke dalam genus alpina. Adapun beberapa kandungan yang ada dalam lengkuas antara lain sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, dan galangin. Lengkuas juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang bisa mengurangi resiko peradangan tertentu. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa khasiat dari lengkuas.

Khasiat Baik Lengkuas untuk Manusia

Lengkuas memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Dengan begitu mengonsumsi lengkuas dapat membantu anda untuk mengurangi ketidaknyamanan di perut yang bisa disebabkan karena peradangan atau penyakit lain. Sehingga lengkuas juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan mengurangi gejala diare. Khasiat lengkuas lainnya juga untuk mengurangi rasa sakit ketika demam. Lengkuas juga baik dalam mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Lalu, batang bawah dari galangal ini juga telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus, dan strain staphylococcus.

Baca juga informasi kesehatan lainnya tentang Obat Herbal Kanker Prostat Tanpa Operasi

Tanaman yang satu ini ternyata baik dalam menjaga kesehatan mulut. Ekstrak akar lengkuas dapat anda gunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi sariawan, radang gusi, dan radang lainnya di mulut serta tenggorokan sekaligus juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Tidak lupa juga manfaat lengkuas sebagai pembersih antiseptik untuk menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah, dan halus. Selain itu lengkuas juga menjadi obat alami untuk menyembuhkan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit. Lengkuas juga diketahui memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil. Demikianlah beberapa khasiat lengkuas yang baik untuk kesehatan manusia. Semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi anda semua yang membutuhkan.

Sumber : www.top10homeremedies.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *