Cara Mengatasi Gondog Secara Alami

Gambar Penyakit Gondog
Gambar Penyakit Gondog

Cara mengobati gondog sebenarnya ada banyak dan beragam. Ada yang melalui jalur medis tetapi ada juga yang secara alami. Penyakit gondog pastinya harus segera diatasi. Karena jika tidak bisa berdampak bagi sang pasien. Bagi anda yang belum tahu, gondog merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya pembesaran pada kelenjar tiroid. Biasanya letaknya ada di pangkal tenggorokan depan leher. Ada dua jenis gondog. Pertama adalah gondong biasa dan yang kedua adalah gondog hipertiroid. Pada penyakit gondog biasa, gejala yang ditunjukkan tidak bahaya dan serius. Tetapi jika disepelekan bisa berakibat berkembang menjadi gondog hipertiroid atau gondog beracun.

Mengetahui Penyakit Gondog Lebih Dalam
Sebelum membahas bagaimana cara mengobati gondog, akan ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari terjadinya penyakit ini. Biasanya penyakit ini terjadi karena kekurangan kadar yodium untuk tubuh, Kekurangan yodium ini akan membuat kelenjar tiroid mengalami gangguan. Kelenjar tiroid yang terganggu ini tidak dapat memproduksi hormon tiroid. Ketika hormon tiroid yang dihasilkan tidak optimal, maka akan menyebabkan terjadinya penyakit gondog. Gejala penyakit gondog biasanya akan muncul pembengkakan pada leher. Pembengkakan ini akan menyebabkan saluran pencernaan dan saluran pernafasan kesulitan menelan makanan dan bernafas. Maka dari itu penyakit gondog harus segera diatasi agar tidak menganggu.

Sebenarnya ada cara untuk mencegah agar jangan sampai anda terkena gondog. Tentunya cara yang paling mudah bisa dilakukan adalah dengan menggunakan garam beryodium pada setiap makanan yang akan dikonsumsi. Kemudian cobalah untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti kol, kedelai, kacang polong, kacang taah, bayam, dan strawberry. Karena makanan-makanan tersebut mengandung zat yang bisa mengurangi hormon tiroksin. Ketika terkena penyakit gondog, anda bisa berkonsultasi ke dokter. Atau mencoba cara mengatasi gondog secara alami. Tetapi ketika cara alami tidak berhasil dan penyakit gondog semakin membesar dan tidak kunjung mengecil, ada baiknya jika anda memilih jalan operasi.

Ada beberapa cara mengatasi penyakit ini dengan alami. Melalui cara yang alami, maka anda perlu membuat ramuan-ramuan dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Misalnya ramuan yang terbuat dari temu putih dan daun sambiloto. Anda perlu menyiapkan temu putih sebanyak 30 gram dan daun sambiloto sebanyak 10 gram. Cara membuat ramuannya, anda hanya perlu merebus kedua bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 600 cc. Rebus bahan tersebut hingga air tersisa sekitar 300 cc. Kemudian minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari. Masih ada lagi ramuan yang lainnya. Pada ramuan ini, anda akan membutuhkan benalu teh kering sebanyak 30 gram dan daun dewa segar sebanyak 30 gram juga. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan air sebanyak 700 cc. Setelah tersisa air sekitar 300 cc, saring lalu minum secara rutin 2 kali dalam sehari. Itulah beberapa cara mengatasi gondog secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *